Selasa, 15 Januari 2013

Keindahan Pantai Bunaken Manado

Pesona Wisata Pantai Bunaken dan pesona wisata bawah laut (diving) merupakan wisata andalan dari kota Manado. Bunaken sendiri terletak di sebuah pulau seluas kurang lebih 8 km2 di Teluk Manado tepatnya di sebelah utara pulau Sulawesi. Pulau kecil penuh pesona pantai ini termasuk bagian dari kota Manado, yang notabene adalah ibu kota provinsi Sulawesi Utara. Jika anda ingin berwisata kesana dapat ditempuh dengan Speed Boat atau kapal sewaan dengan perjalanan kurang lebih setengah jam dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.



Pantai Indah di Indonesia - Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektare, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.

Secara geografis Taman Nasional Bunaken dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian utara dan bagian selatan. Bagian utara meliputi lima pulau, dan daerah pesisir antara Molas hingga Tiwoho yang disebut Pesisir Molas-Wori. Bagian selatan seluruhnya terdiri daerah pesisir antara Desa Poopoh dan Desa Popareng yang disebut Pesisir Arakan-Wawontulap. Di wilayah ini, terdapat 22 desa dengan jumlah penduduk sekitar 35 ribu jiwa. Sebagian besar berprofesi sebagai petani dan nelayan serta 25%-nya bekerja pada bidang pariwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar