Rabu, 16 Januari 2013

Pantai Teluk Penyu Cilacap

Pantai Teluk Penyu merupakan salah satu objek wisata alam yang terkenal di Cilacap, Jawa Tengah. Pantai ini terletak di pesisir selatan Pulau Jawa dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Namanya cukup unik, mengambil nama hewan penyu. Diberi nama Teluk Penyu karena konon pantai ini merupakan lokasi berkembang biak para penyu. Namun, saat ini sudah tidak banyak penyu yang berada di lokasi ini.



Ciri khas dari Pantai Indah Indonesia Teluk Penyu ini adalah pasir hitam dan ombaknya yang besar. Meski berombak besar, pengunjung tidak perlu takut untuk berenang, karena Pantai Teluk Penyu memiliki penjaga pantai yang siap menolong layaknya Baywatch.

Pantai Teluk Penyu berjarak 2 Km ke arah timur dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Cilacap dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi. Teluk ini cukup memiliki pemandangan yang indah dengan luas kira-kira 14 ha. Area Teluk Penyu yang biasa dikunjungi oleh para pengunjung (utamanya penduduk dan wisatawan lokal) biasanya mulai dari pelabuhan perikanan Samudera dari hingga bibir pantai yang biasa disebut Areal 70 (merujuk kepada sebutan masyarakat sekitar terhadap kawasan tangki-tangki penimbunan bahan bakar dari PT Pertamina UP IV) dimana para wisatawan atau pengunjung bisa melihat langsung Pulau Nusakambangan dari bibir pantai.

Panorama yang indah dari pantai teluk penyu yang luasnya 18 hektar itu memiliki pemandangan alam yang indah, udara yang sejuk dan hamparan pasir yang luas. Tak jauh dari pantai teluk penyu terdapat sebuah benteng peninggalan Belanda yaitu Benteng Pendem, tulisan tentang Benteng Pendem dapat anda lihat disini. Dan tak jauh dari pantai Teluk Penyu juga terdapat Pulau Nusakambangan yang bisa juga kita kunjungi mengunakan perahu yang disewakan oleh nelayan disekitar pantai tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar