Senin, 14 Januari 2013

'Surga Peselancar' Pantai Plekung Banyuwangi

Jangan mengaku peselancar sejati jika belum mencicipi ombak Pantai Plengkung, Banyuwangi. Ketinggian ombak yang mencapai hingga 6 meter, memberikan sensasi dan tantangan tersendiri. Buktikan nyali Anda! Berada di Selatan Jawa, tepatnya di Banyuwangi, Jawa Timur, Pantai Plengkung sudah menjadi surga bagi peselancar dunia. Anda harus melewati Taman Nasional Alas Purwo atau TNAP untuk tiba di pantai ini. Anda mendaftar lebih dahulu di TNAP untuk menuju Pantai Plengkung. Dari sana perjalanan dilanjutkan menuju mobil sewaan di TNAP.



Pantai Indah di Indonesia - Sudah lama Pantai Plengkung yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) menjadi tujuan para wisatawan berminat khusus. Pantai ini apabila dilihat dari citra satelit bentuknya melengkung membentuk huruf G terbalik. Posisi itulah yang membuat ombak setinggi 4-5 meter bisa terbentuk. Para peselancar bisa merasakan sensasi dorongan ombak yang panjang dan susul-menyusul. Dasar pantai G-land, menurut Suharto, Kepala Resor Rawabendo, TNAP, berbentuk landai. Palung hanya ditemukan di sisi barat, yang pernah menjadi lokasi pendaratan kapal. Posisi ini membuat G-land nyaman sebagai tempat surfing. Namun, di balik keelokannya tentu perlu kehati-hatian tersendiri. Pasalnya, karang yang berada di dalam laut bisa melukai peselancar di dalam air.

Pantai ini dinamakan Plengkun karna Bentuknya yang melengkung (plengkung) di ujung tenggara Pulau Jawa pantai plengkung memiliki ombak yang fantastis. Tak heran bila banyak turis yang datang ke tempat ini.

Deburan ombak tinggi yang memanjang membuat pantai ini menjadi surga para surfing. Sayang, untuk mencapai lokasi ini harus ditempuh jalur laut dari Banyuwangi atau Bali. Sebab, jika melalui jalan darat harus melalui taman nasional alas Purwo dengan akses jalan yang terjal. Pastikan kendaraan Anda adalah seri 4WD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar