Minggu, 13 Januari 2013

Pantai Parangritis Yogyakarta

Pantai Parangtritis merupakan pantai indah di Indonesia yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.



Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pk 17.00 maupun kendaraan pribadi. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini. Namun bila Anda tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala.

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang landai dengan bukit-bukit kapur di sekitarnya, dimana Pantai Parangtritis juga merupakan salah objek wisata untuk dapat menikmati keindahan pada saat matahari terbenam (sunset) untuk meninggalkan kita. Dalam pengertian bahasa Jawa "Lara" dapat diartikan sakit. Lara dan  Parangtritis merupakan kosa kata bahasa yang selalu beiringan dalam ingatan masyarakat Indonesia, khususnya bagi orang-orang Jawa. Hal ini tentunya mengingatkan kita dalam kisah cerita Babad Tanah Jawa (abad ke-19).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar